Masa Depan cerah dari ZnO (Zinc Oxide)

Zinc Oxide adalah material yang unik, memperlihatkan unsur-unsur bahan semikonduktor, piezoelektrik dan pyroelektrik. karena itu sekarang popular diteliti sebagai bahan masa depan untuk optoelektronik, sensors, tranduser, biomedicine seperti UV light emitter, chemical and gas sensor, transparent electronics, piezo elektrik, surface acoustic wavedevice, dan terutama untuk Light emitting diodes (LEDs).


Keuntungan Zinc oxide dari bahan-bahan semiknduktor pita lebar (wide band semkonduktor) yang populer sebelumnya (SiC dan GaN) adalah selain karena dia bisa dioperasikan dalam lingkungan yang keras dan bersuhu tinggi, juga Efisiensi Quantum yang lebih tinggi, Resistansi yang lebih tinggi untuk keadaan radiasi energi tinggi, dan kemungkinan peng-etsa-an dengan kimia basah (wet chemical etching).

Dengan teknik seperti Pulse Laser Desposition (PLD), Molecular Beam Epitaxy (MBE), metalorganic chemical vapor deposition (MOCVD), atau bahkan reactive sputtering ZnO dengan kualitas baik dapat dibuat dalam temperature lebih rendan daripada GaN, ini memungkinankan untuk membuat transparent-junction pada substrate yang murah seperti bahan gelas sehingga memungkinkan pembuatan UV laser atau LEDs untuk sistem penyimpanan data kepadatan tinggi (High Density storage data system LEDs) yang murah.

Hanya sayangnya kelihatannya riset-riset belum berhasil membuat tipe-P dan tipe-N bersama-sama, baru bisa dibuat tipe-P atau tipe-N saja, selain itu juga masih ada hambatan dalam pembuatan devais yang bagus dan tahan uji (reliability).

Jadi kaan ahli-ahli devaise elektronik, fisika zat padat, Ilmu/teknik Material dari UGM akan menemukannya? :- )

Ditulis dari berbagai sumber
cat: ini adalah tulisan ketika saya melamar S2 Semiconductor Material Process di Kumamoto University

Posted in Akademik by tatok at November 28th, 2010.

Leave a Reply